6 Tips Bermain Minecraft Mode Survival Hari Pertama

6 Tips Bermain Minecraft Survival Hari Pertama

Minecraft adalah salah satu game indie yang keren. Di dunia Minecraft kita bisa kreasikan apapun dari balok, karena memang dalam game ini semuanya berbentuk balok-balok yang bisa kita susun sesuka kita. Game Minecraft yang offline dapat dimainkan dalam beberapa mode, yaitu Survival (bertahan hidup), Creatif, Hardcore, Adventure dan Spectator. Masing-masing mode memiliki kelebihan dan keasyikan tersendiri. Ditambah lagi kita bisa menambah mods yang keren-keren semakin membuat game ini menarik dan membuat ketagihan. Kali ini saya akan share bagaimana bertahan hidup dihari pertama memainkan Minecraft dengan Mode Survival (bertahan hidup) sebagai berikut :


 1. Lokasi Spawn (Kelahiran Pertama)
Tentukan dulu lokasi kita spawn (kelahiran) maunya dimana, karena lokasi berpengaruh untuk kelangsungan hidup kita selanjutnya. Karena sifatnya Random kita bisa berada di Hutan belantara, Pegunungan Es, Padang Hijau atau bahkan didalam Air (kalau tidak hati-hati langsung mati). Kalau saya sendiri selalu memilih Padang hijau karena selain dekat dengan hewan-hewan sebagai cadangan makanan juga dekat dengan pepohonan yang fungsinya sangat vital. Pepohonon merupakan modal awal crafting kita selanjutnya. Kalau kamu kebetulan lahir ditempat yang tidak sesuai, create lagi (buat judul baru lagi) berulang-ulang sampai dapat lokasi yang didinginkan.
2. Kumpulkan Kayu
Selagi masih siang (mungkin sekitar 15 menit menjelang malam) dan belum kelaparan,  kumpulkan balok kayu sebanyak-banyaknya dengan menebang pohon memakai tangan kosong (klik kanan). Untuk mendapatkan balok-balok kayu yang sudah ditebang maju lah mendekatinya sehingga bisa kamu lihat balok-balok kayu tadi  sudah terkumpul diinventory . Hal ini juga berlaku untuk mengumpulkan barang-barang lain seperti batu-batuan, pasir, batubara dsb. Setelah mendapat balok-balok tersebut maka crafting (kerajinan) Minecraft dapat segera kita lakukan. Ada beberapa jenis pohon  dengan warna kayu yang berbeda, namun fungsinya sama saja kalau sudah jadi balok.


3. Membuat Meja Crafting atau Meja Pengrajin
Kerajinan (tekan "E" di keyboard) di kotak crafting yang disediakan pada awalnya brukuran 2x2.  Namun  kita bisa membuat kotak crafting ukuran 3x3 menggunakan meja "ajaib" yaitu Meja Pengrajin dengan cara sebagai berikut :
Kotak Crafting 2x2


  • Tempatkan balok-balok kayu dikotak Crafting 2x2 sehingga menghasilkan papan-papan kayu (wood plank) disebelah kanannya. 1 balok kayu = 4 papan balok kayu.
  •  Susunlah papan balok kayu  pada kotak Crafting 2x2 sehingga menghasilkan Meja Pengrajin disebelah kanannya. 4 balok Papan kayu = 1 Meja Pengrajin. 
  • Untuk membuka kotak crafting 3x3, yang pertama yang harus kamu lakukan adalah setelah Meja pengrajin sudah jadi, tarok aja ditanah dan klik kanan pada Meja pengrajin tersebut maka akan keluar kotak crafting 3x3 nya.
Kotak Crafting 3x3
4. Membuat Crafting atau Kerajinan yang dibutuhkan
Hal lainnya adalah tinggal membuat berbagai macam kerajinan lainnya yang sangat kita perlukan sekarang seperti stik, beliung, kampak, sekop , pedang dll
Balok Kayu
Stik
Beliung
Cangkul
Kampak
Pedang
 Benda-benda tersebut mempunyai kegunaan masing-masing dan dapat mempercepat pekerjaan apabila digunakan dengan tepat.

5. Makanan.
Gunakan pedang untuk berburu hewan seperti Babi, Sapi atau Ayam. Bakar daging mentah yang didapat di tungku dengan cara klik kanan pada tungku tersebut. Untuk membuat tungku, gali dan kumpulkan batuan dengan beliung kayu/batu. 7 batuan = 1 tungku.
Tungku Batu



Tungku yang belum bisa membakar, karena belum ada batubara

Tungku yang tidak ada batubara tidak bisa melakukan pembakaran, jadi setelah membuat tungku juga harus mencari batubara yang biasanya ada didekat pegunungan, gua-gua, atau bisa juga kita gali disembarang tempat hingga sangat  dalam sekali tapi awas jangan sampai dilapisan yang ada lavanya karena kamu bisa langsung mati. Digambar terlihat batubara dengan batu biasa memiliki struktur yang berbeda, batubara memiliki retakan-retakan hitam ditengahnya sedangkan batuan biasa hanya berwarna abu-abu saja.

Setelah batubara didapatkan klik kanan pada tungku maka akan terlihat 2 kotak kosong. Letakkan batubara pada posisi bawah dan daging diatas, tunggu hingga pembakan selesai. Setelah mendapatkan daging yang sudah matang ambil dan pegang dengan tangan kosong selanjutnya dimakan (klik kanan tapi jangan dilepas) hingga dagingnya habis dimakan semua.
Pembakaran daging sapi/babi mentah menjadi steak
Pembakaran daging ayam mentah menjadi ayam bakar
6. Tempat Berteduh
Setelah merasa aman karena kebutuhan makanan sudah teratasi sekarang yang kita butuhkan adalah tempat berteduh atau rumah untuk melindungi dari monster-monster. Sebaikknya buatlah rumah sebelum malam tiba. Rumahnya sederhana aja tinggal gali lubang dalam tanah dan buat terowongan yang cukup luas untuk berteduh.


Sambil menunggu pagi kamu juga dapat menggali didalam rumahmu sendiri untuk mengumpulkan batu (stone), batubara (coal), dan kalau beruntung bisa menemukan besi (iron) emas (gold) bahkan permata (diamond) atau membuat beberapa kerajinan lain seperti api, pintu, lemari, pagar, tangga, perahu dsb.(selengkapnya di 20 Kerajinan Utama Minecraft Survival)
Api

Pintu

Peti
Yang tidak kalah penting kamu harus menyediakan tempat tidur dalam rumah agar pada saat mati karena suatu hal yang tidak terduga kamu bisa spawn/lahir kembali didalam rumah bukan tempat yang berbahaya lainnya. Cara membuatnya adalah seperti yang dibawah ini (3 wol dari kambing dan 3 papan kayu). Sekian Tips dari saya.
Tempat Tidur

0 Response to 6 Tips Bermain Minecraft Mode Survival Hari Pertama

Posting Komentar